6 Bukti Tempuyung Penghancur Batu Ginjal


Tempuyung sebagai tanaman obat sangat populer bermanfaat sebagai obat herbal penghancur batu ginjal. Banyak bukti yang didapat, baik dari buku, media online, hasil riset seperti  jurnal maupun artikel kesehatan. Namun, bagi Anda yang baru mengenal dan belum tahu khasiat dari tanaman tempuyung, berikut kami rangkum bukti tempuyung sebagai penghancur batu ginjal.

Bukti Pertama,


Buku karangan Ir. W.P. Winarto & Tim Karyasari berjudul Tempuyung; Tanaman Penghancur Batu Ginjal ini di diterbitkan oleh Agromedia Pustaka pada tahun 2004. Buku ini menjelaskan tata cara pembuatan ramuan tempuyung untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal dan penyakit lainnya berdasarkan kajian ilmiah dan pengalaman para penderita.

Buku ini sangat bagus Anda baca untuk sebagai refrensi agar lebih memahami lagi tentang penyakit batu ginjal. Buku ini memiliki tebal 66 halaman dan dibandrol dengan harga Rp. 17.500.

Dijelaskan pula didalam buku ini tentang cara konsumsi daun tempuyung dan beberapa testimoni para penderita batu ginjal

Bukti Kedua,


Judul buku ini “Tempuyung: Budi Daya Dan Pemanfaatan Untuk Obat”. Ditulis oleh Jaka Sulaksana, Budi Santoso dan Dadang Iskandar. Buku yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya ini memiliki tebal halam sampai 120.

Buku ini termasuk yang saya rekomendasikan bagi Anda yang masih penasaran tentang khasit tempuyung untuk menyembuhkan batu ginjal.

Kelebihan dari buku ini, Anda bukan cuma sekedar dapat informasi tentang khasiat tempuyung, melainkan cara budidaya tempuyung. Harga buku ini termasuk murah, yaitu dengan harga sekitar Rp. 19.000 kita sudah dapat memilikinya.

Bukti Ketiga,

Riset yang dilakukan oleh Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar dengan judul: Ekstrak terpurifikasi dan senyawa aktif daun tempuyung (Sonchus arvensis) sebagai anti batu ginjal.

Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar selaku dari Kelompok Keahlian : Farmakologi FArmasi Klinik Sekolah TInggi Ilmu Hayati  (STIH) ITB bandung menyatakan selain tempuyung bermanfaat sebagai obat anti batu ginjal, dalam riset tersebut disampaikan pula bahwa mengkonsumsi daun tempuyung aman untuk penderita penyakit batu ginjal.

Bukti Keempat

Hasil penelitian dari Dr Sardjito Yogyakarta. Dalam riset beliau, membuktikan bahwa sari tempuyung dapat melarutkan kristal lebih cepat dari obat lain, dan keberhasilannya 90% menghilangkan sakit pinggang dan tanpa efek samping.

Dr Sardjito adalah sarjana pertama dari Indonesia yang belajar kedokteran di Amerika Serikat. Beliau adalah lulusan terbaik Sekolah Kedokteran Stovia Batavia tahun 1915. Gelar doktor diraihnya di Universitas Amsterdam Belanda tahun 1923 dan Beliau adalah rektor pertama di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1949-1961.

Dr. Sardjito melakukan penelitian ini bahkan sampai diujicobakan di Paris, Prancis. Jika Anda ada yang penasaran tentang efek samping dari mengkonsumsi tempuyung. Hasil riset ini bisa anda baca.

Bukti Kelima

Bukti tempuyung sebagai tanaman penghancur ginjal selanjutnya dapat Anda baca pada media online Kompas.

Dalam media tersebut artikel berjudul “Tempuyung Penghancur Batu Ginjal” disampaikan karakteristik tanaman tempuyung, kandungan tempuyung dan manfaat tempuyung untuk batu ginjal.

Selain itu, artikel yang dipublikasikan pada tanggal 31 bulan maret 2011, dijelaskan pula tentang manfaat lain dari tempuyung beserta cara konsumsinya.

Bukti Keenam

Media online yang juga menyampaikan bukti tempuyung sebagai penghancur ginjal adalah detik.com. Artikel tersebut berjudul Tempuyung, Tanaman Liar Peluruh Batu Ginjal, dipublikasikan pada tanggal 13 maret 2013.

Di dalam artikel tersebut  disampaikan khasiat tempuyung yang sudah sejak lama digunakan secara tradisional sebagai obat batu ginjal, namun masih banyak yang belum melakukannya.

Kalaupun ada, sifatnya masih sebagai komplementer atau pelengkap pengobatan moderen dan bukan sebagai alternatif pengganti yang lebih manjur.

Itulah 6 bukti tanaman tempuyung dapat dijadikan sebagai obat penghancur batu ginjal.

Semoga Bermanfaat

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter